Salam Bahagia..

Tulisan saya kali ini ingin mengulas tentang cerita yang viral akhir-akhir ini yaitu "Pacar diambil teman".

Sedih. Pasti! Tidak hanya Luna Maya yang merasakannya. Beberapa gelintir wanita menyatakan kesedihan dan simpatinya terhadap Luna Maya.
Seakan setiap wanita merasakan pacarnya diambil temannya, kisah Luna Maya menjadi trending topic.

Apa yang kita bisa pelajari dari kisah Luna Maya?

1. Cintai dirimu melebihi cinta kepada orang lain.
Tidak ada yang setia kepada diri kita selain diri kita sendiri. Orang lain cenderung akan berharap untuk dirinya sendiri. Apabila kita tidak mampu memenuhi harapan tersebut maka beberapa orang lain akan berubah sikap dan kita menjadi kecewa. So.. pastikan bahwa kadar cinta terhadap diri harus lebih besar terhadap cinta terhadap orang lain.

2. Keputusan di masalalu akan berakibat di kemudian hari.
Cerita skandal tentang Luna Maya yang heboh beberapa tahun yang lalu memberikan cacat sosial pada Luna Maya. Manusia tidak akan pernah selalu benar tetapi berhati-hati dalam bertindak sangat perlu. Setiap orang bertanggung jawab atas kesalahannya. Segala perkara yang kita lakukan akan ada akibatnya. Percintaan Luna Maya di masa lalu menjadi dampak yang tidak baik di masa kini. Saat kejadian buruk datang berhentilah menyalahkan orang lain dan terima segala sebab dan akibatnya dengan bijak. Jadikan kesalahan sebagai pelajaran dan terima apa yang terjadi.

3. Jodoh itu misteri ilahi
Percaya pada kekuasaan yang lebih besar dari kita adalah sumber kedamaian. Ketika kita jatuh cinta, kita selalu berharap memilikinya. Perkara jodoh adalah perkara saya, pasangan dan yang maha kuasa.  Apabila kita menyadari hal ini maka kita dapat menjadi pribadi yang tidak mudah putus asa. Hal-hal yang bisa menjadi kontrol sepenuhnya adalah yang menyangkut diri secara pribadi. Keputusan orang lain harus kita hormati dan hargai.

4. Dekatkan diri kepada sang pencipta.
Perjalanan dalam hidup adalah panjang dan melelahkan ketika kita berjalan sendiri. Perjalanan spiritual bersama sang pencipta jauh lebih berarti daripada kehidupan religius yang dangkal. Saat kita terpuruk, mengambil langkah mundur dan bertanya apa rencana Tuhan dalam hidup kita adalah sangat penting. Kita mungkin berbuat kesalahan, mungkin orang lain atau sosial tidak dapat memaafkannya. Apabila kita memohon ampun pada sang pencipta dan mendapatkan pengampunannya maka kita akan bangkit menjadi pribadi yang lebih kuat. Pasrah adalah kekuatan terbesar keadaan tidak seorangpun dapat menolongmu. Cinta tanpa syarat dari sang pencipta akan memulihkanmu dengan segera.

5. Sadari sisi lain persahabatan dan percintaan.
Apabila kita jatuh cinta sadari bahwa selalu ada akhir dalam setiap hubungan. Apabila kita bersahabat sadari bahwa sahabat kita hanya manusia biasa yang membutuhkan kepuasan diri dan bisa mengecewakan. Didalam dunia ada gunung dan lembah begitu juga kehidupan kita. Ada saatnya kita bahagia, ada saatnya kita kecewa terima itu sebagai jalan kehidupan. Setiap perjalanan pasti ada kedua sisi mata uang yang membuat kita makin bijak dan berpengalaman. Ambilah jeda untuj memulihkan diri dan belajar dari setiap kesalahan. Janganlah takut untuk bersahabat atau jatuh cinta kembali. Apabila perlu, pergilah ke terapis mental untuk mengatasi trauma sehingga anda menjadi pribadi yang lebih kuat. Anda harus tetap melaju dalam kehidupan sekalipun jalan yang ditempuh saat ini penuh badai. Badai pasti berlalu, percayai itu. Gunakan segala sumber bantuan yang positif seperti konselor, psikolog atau psikiater untuk mengatasi gangguan jiwa atau tekanan yang berlebih akibat pengkhianatan.

6. Kamu tidak sendiri!
Sadari bahwa apa yang kamu alami juga pernah dialami orang lain dan banyak orang bisa bangkit dari pengalaman yang menyakitkan itu. Saya tidak menduga netizen banyak membela Luna Maya dan kecewa dengan syahrini. Kenapa hal itu bisa terjadi? Biasanya rasa empati timbul karena pengalaman yang serupa. Kisah tentang pengkhianatan sahabat dan kekasih merupakan cerita yang menarik untuk sebuah sinetron dan terjadi dalam kehidupan nyata. Hal itu membuat kita menyadari bahwa tidak hanya kita yang dikhianati sahabat dan kekasih. Susah memang untuk mengikhlaskannya tetapi apabila kita mau melepaskan, hal yang lebih baik akan datang pada kita.

7. Hidup ini hanya 'kelihatan' sempurna.
Dengan menyadari bahwa rumput tetangga tidak lebih indah daripada halaman kita membuat kita lebih damai. Luna Maya dengan segala pesonanya dilayar kaca kalah dengan Syahrini saat ini. Cantik itu relatif. Cintailah dirimu yang tidak sempurna dan terus kembangkan keunggulan dirimu karena artispun tidak selalu mendapatkan yang dia mau. Belajarlah bersyukur dalam segala sesuatu. Bersyukur saat keadaan baik dan menyenangkan itu lebih mudah daripada keadaan yang mengenaskan. Apabila kita mau bersyukur maka kita dapat lihat pelangi setelah badai dan hujan. Suatu saat kita akan mengerti bahwa kesusahan masa kini dipersiapkan untuk menjadi kebaikan dimasa depan.

8. Maafkan dirimu dan maafkan orang lain.
Saat keadaan membuat kecewa hati. Tindakan memaafkan membuka pintu ikhlas yang dalam. Tidak ada manusia yang berbuat kesalahan yang terpenting adalah bangun dan tidak berbuat kesalahan lagi. Sungguh sangat berat memaafkan orang yang mengkhianati dan menyakiti hati kita. Sulit untuk memaafkan orang yang tidak sesuai harapan kita tetapi hidup harus terus bergulir. Pengampunan kepada diri sendiri

Luna Maya aku belajar darimu tentang arti kekuatan menjalani hidup dalam keadaan yang harus berjalan jauh daripasa yang diinginkan.
Jadilah selalu pribadi yang cantik dan semangat ya!