SEMBILAN ALASAN MENGAPA KITA PERLU MEMAAFKAN

Menurut Fimela.com

Saat hati kita bisa memaafkan kesalahan orang lain, ini akan membuat kita semakin tenang, nyaman dan bahagia. Berbeda halnya jika dibandingkan dengan menyimpan dendam, amarah dan benci pada orang yang telahb menyakiti kita.

 

"Ngapain saya memaafkan orang yg sudah menyakiti saya, enak di dia dong? Saya sakit hati, dia seperti gak merasa bersalah."

 

Saya kasih tahu ya alasan mengapa kita perlu mengusahakan memaafkan:
1. Kemarahan dan sakit hati disimpan di tubuh yang berubah menjadi penyakit.
2. Hati kita menjadi tidak damai. Kita membawa2 kemarahan meskipun orang yg telah menyakiti kita entah di mana atau sudah meninggal.
3. Kemarahan dan sakit hati tidak hilang dengan sendiri meskipun kejadiannya puluhan tahun yg lalu.
4. Kemarahan masa lalu akan terus terpicu. Misal, kemarahan pada ayah akan terpicu saat melihat perilaku laki2 dewasa yang mirip dengan apa yg pernah ayah lakukan.
5. Kemarahan yg disimpan itu seperti sampah yang jika dibiarkan akan membusuk dan meracuni jiwa, pikiran, dan tubuh kita.
6. Mampu memaafkan berarti kita mengalahkan musuh terbesar dalam diri, yaitu ego diri kita sendiri.
7. Memaafkan berarti kita meninggikan derajat kita sebagai manusia. Bukankah kita kagum pada mereka yang mampu memaafkan? Bukankah Tuhan Maha Pemaaf? 
8. Memaafkan berarti kita sayang pada diri kita sendiri dan pada ujungnya kita mengasihi sesama.
9. Karena kita berharap saat meninggal kita tidak membawa beban dari dunia. Bukan saja hutang materi yang kita lunasi, tetapi jiwa kita perlu bersih dari beban2 yang memberati jiwa kita saat menghadap sang pencipta.

 

Memaafkan kesalahan orang lain memang tidak mudah, tetapi sedikit demi sedikit kita bisa melakukannya.