Sedih adalah kata yang sangat memilukan. Kesedihan atau nelangsa adalah suatu emosi yang ditandai oleh perasaan tidak beruntung, kehilangan, dan ketidakberdayaan. Saat sedih, manusia sering menjadi lebih diam, kurang bersemangat, dan cenderung menarik diri. Bila sedang sedih kita jadi cenderung ingin menangis. Menangis adalah salah satu cara menyalurkan emosi sedih. Tapi jangan hanya menangis saja, kita juga harus tau cara mengatasi sedih kita. Bagaimana cara mengatasi sedih? Berikut akan dibahas cara mengatasi sedih:

1.Mengatasi penyebab kesedihan

            Untuk dapat mengatasi kesedihan, anda harus tau apa penyebab anda bersedih. Jangan hanya menangis, menangis tidak akan menyelesaikan masalah. Anda harus mencari tau apa penyebab anda bersedih. Rasa sedih pasti disebabkan oleh suatu masalah. Nah, anda harus paham betul apa masalahnya. Jangan berfokus pada kesedihan, tapi fokuslah pada cara penyelesaian masalah yang menyebabkan anda bersedih itu.

2.Mengalihkan perhatian pada hal lain

            Cara terbaik untuk berhenti menangis adalah dengan mengalihkan perhatian pada hal lain. Misalnya dengan makan makanan favorit, pergi jalan-jalan, cerita dengan teman, menghidupkan televisi atau saluran favorit, menonton film, berolahraga, dan masih banyak hal lain lagi. Mengalihkan perhatian pada hal lain akan membuat anda berhenti menangis. Kuncinya, anda harus mengalihkan perhatian pada hal yang dapat membuat anda berfikir dan melakukan kesibukan yang banyak. Dengan begitu, anda akan lupa dengan masalah yang membuat anda bersedih.



3.Curhat dan berdoa kepada Tuhan

            Tidak ada masalah tanpa jalan keluar. Tuhan menciptakan masalah untuk anda, pasti disertai dengan jalan keluarnya. Tinggal anda yang harus mencari jalan keluar tersebut. Bagaimana caranya? Dengan curhat dan meminta tolong pada Tuhan. Curhatlah tentang apa yang anda rasakan di dalam hati, kegelisahan anda, kesedihan anda. Curhatkan semuanya pada Tuhan. Juga berdoalah kepada Tuhan agar Tuhan segera membantu anda menyelesaikan masalah anda, berdoalah kepada Tuhan agar Tuhan menghapus segala kesedihan anda dan menggantinya dengan kebahagiaan. Ini adalah salah satu cara mengatasi sedih.

4.Curhat kepada orang lain

            Tidak hanya curhat kepada Tuhan, curhat tentang masalah anda juga bisa anda lakukan dengan orang lain. Orang lain ini bisa teman, orang tua, pacar, keluarga, guru, atau yang lainnya. Dengan curhat, anda bisa berbagi beban di hati dan itu akan mengurangi kesedihan anda.  Selain itu, anda juga bisa menemukan solusi dengan curhat kepada orang lain. Curhatlah kepada orang lain, ceritakan masalah dan kesedihan yang anda rasakan. Dengan begitu,  Anda akan merasa mereka dapat terhibur, terdukung, bahkan dapat membantu Anda menyadari tak ada gunanya menangis lagi. Anda pun menemukan kebahagiaan kembali.

5.Berpikir positif

            Saat Anda menangis, otak cenderung berpikir negatif. Menangis juga membuang sia-sia energi anda. Coba pikirkan hal-hal positif. Tidak masalah seberapa kecil, hal-hal baik bisa menembus kesedihan dan menghentikan tangisan. Di balik sebuah peristiwa, pasti ada hikmahnya. Berpikir positif dan ambil lah hikmahnya. Dengan begitu kita akan belajar untuk memahami apa yang telah diberikan oleh Allah kepada kita meskipun itu terasa buruk. Allah Maha baik, pasti Dia selalu memberikan yang terbaik untuk kita.

6.Sabar

            Ketika kita merasa sulit atau sedih, maka bersabarlah. Karena bersabar dapat membuat hati menjadi lebih ikhlas dalam menghadapi masalah yang terjadi. Dan Allah menjanjikan bagi orang yang bersabar akan bersama-Nya.

 

            Demikianlah beberapa cara mengatasi sedih. Semoga dapat membantu anda dalam mengurangi dan menyembuhkan kesedihan. Jalankan cara-cara di atas, mudah-mudahan kamu berhenti merasa sedih dan mulai bahagia, ya!