Hipnosis menjadi suatu cara untuk membawa seseorang dalam kondisi rileks dan menanamkan sugesti. Kondisi ini membawa seseorang dalam kondisi rileks menyerupai tidur, tetapi bukan tidur. Ketika seseorang dihipnosis, mereka dalam kondisi paling tenang tetapi tetap sadar dan bisa menerima sugesti yang ditanamkan bahkan menjawab pertanyaan. Oleh karena itu hipnosis bisa digunakan sebagai sarana untuk menjelajahi alam bawah sadar.

Praktik hipnosis merupakan praktik yang berlandaskan ilmu pengetahuan secara ilmiah. Ada teori yang melandasi penggunaan hipnosis terutama dalam pengobatan. Hipnosis menggunakan sugesti. Pengaruh dari kata-kata yang bersifat sugestif inilah yang membuat tubuh menjadi rilex, perasaan damai, tenang dan nyaman, serta pikiran menjadi fokus. Dalam kondisi ini sugesti pada pikiran akan lebih mudah dilakukan. Namun, sugesti yang dilakukan pun harus atas seizin orang yang dihipnotis.  

Selama ini hipnosis digambarkan oleh media dalam  sebuah aksi bongkar aib. Di layar kaca seringkali disajikan praktik hipnotis yang katanya untuk menyelesaikan masalah tetapi malah talent yang dihipnotis mengatakan keluh kesah dan masalahnya di depan orang banyak. Sementara penonton menikmatinya sebagai sebuah hiburan seru. Padahal hipnotis memiliki manfaat lebih dari itu.

Hipnotis merupakan ilmu yang memiliki beberapa manfaat. Salah satunya adalah sebagai terapi penyembuhan. Proses penyembuhan menggunakan teknik hipnosis disebut dengan hipnoterapi.  Saat seseorang menjalani hipnoterapi, beberapa hal yang terjadi di sekitar orang tersebut akan diblokir untuk sementara. Pikiran hanya fokus pada satu hal saja. Tertinggal pada masalah yang akan diselesaikan.

Banyak gangguan baik masalah psikologis maupun fisik bisa diselesaikan melalui hipnoterapi. Beberapa masalah yang bisa diselesaikan dengan hipnoterapi:

1. Gangguan fobia

2. Gangguan kecemasan

3. Gangguan tidur

4. Gangguan kepribadian atau disosiatif

5. Gangguan kejiwaan seperti psikosis

6. Membantu kontrol rasa sakit seperti pada pasien arthritis, pasca operasi, kanker, dan nyeri pasca bersalin.

Selain untuk mengatasi masalah kesehatan, hipnoterapi pun secara sederhana bisa membantu seseorang yang ingin berhenti dari kebiasaan buruk yang dimilikinya atau juga membantu mengatasi masalah kecanduan. Salah satunya adalah merokok. Selain merugikan kesehatan, merokok juga mengganggu orang lain di sekitar perokok tersebut. Banyak perokok berusaha berhenti dari kecanduan merokoknya. Sayangnya, masalah psikologi sering menyertai para perokok yang ingin berhenti merokok.

Hipnoterapi adalah seni terapi olah pikir untuk membantu diri melalui akses bawah sadar mengurai masalah dan menyelesaikan permasalahan psikologi diri, biasanya hipnoterapi akan dibimbbing oleh ahlinya. Hipnoterapi juga bisa diterapkan untuk membantu proses penyembuhan dari kecanduan. Proses ini dilakukan melalui kata-kata sugestif yang ditanamkan oleh terapis ketika menjelajahi alam bawah sadar pecandu untuk mengatasi masalah psikologis yang biasa menyertai pecandu sehingga kesulitan melepaskan diri dari kecanduannya.

Meski hipnoterapi merupakan metode yang didasarkan pada ilmu pengetahuan, tidak semua orang bisa memanfaat terapi ini untuk proses penyembuhan keluhannya. Hanya pasien dengan diagnosa tertentu yang bisa. Jadi hipnoterapi tentu saja bukan alternatif pengobatan ajaib yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Meski bisa menjadi alternatif penyembuhan, hipnoterapi bukan serta merta menjadi pilihan utama dalam mengatasi masalah. Namun, metode ini bisa digunakan secara berdampingan dengan jenis pengobatan lainnya. Efektifitas kombinasi pengobatan secara medis dengan hipnoterapi dianggap meningkatkan presentase kesembuhan pada pasien. Hipnoterapi adalah seni terapi olah pikir untuk membantu diri melalui akses bawah sadar mengurai masalah dan menyelesaikan permasalahan psikologi diri.

Hipnoterapi perlu dilakukan beberapa kali, tidak selalu memberikan hasil instan. Sama halnya dengan proses penyembuhan lainnya, hipnoterapi juga butuh waktu dan proses yang bervariasi. Proses kesembuhan yang didapatkan dari hasil hipnoterapi dipengaruhi oleh berat atau ringannya keluhan yang dimiliki, kondisi pasien, keinginan pasien untuk sembuh.