Bagaimana cara mengatasi trauma masa lalu pada pasangan? Bagaimana hubunganmu dengan pasangan yang sekarang? Setiap hubungan pasti memiliki masalah, entah itu masalah kecil atau besar. Tidak ada hubungan yang sempurna. 

Suatu kejadian negative pada masa lalu bersama pasangan dapat mengakibatkan trauma masa lalu pada pasangan. Beberapa contoh kejadian negative tersebut yaitu: perselingkuhan, dibohongi sampai kekerasan secara fisik pun membuat seseorang mengalami trauma masa lalu pada pasangan.

Pernahkah kamu berpikir bahwa trauma masa lalu pada pasangan dapat memberikan dampak pada hubunganmu yang sekarang? Berikut merupakan sikap karena dampak dari trauma masa lalu pada pasangan terhadap hubunganmu yang sekarang:

Selalu negative thinking terhadap pasagan.

Selalu negative thinking ternyata dampak dari trauma masa lalu pada pasangan, loh! Sikap ini dapat mengganggu hubunganmu dengan pasanganmu yang sekarang.

Merasa cemas ketika tidak dihubungi oleh pasanganmu dalam kurun waktu yang singkat.

Pernahkah kamu merasa cemas ketika doi menghilang? Ini adalah salah satu dampak yang ditimbulkan dari trauma masa lalu pada pasangan terdahulu. Ada baiknya kamu mengurangi sikap ini karena doi harus selalu mengabarimu ketika dia tidak bersamamu. Jika ini terus terjadi, maka dia akan tertekan. Bukankah memupuk rasa percaya jauh lebih penting? Pasanganmu perlu me-time karena hidup gak melulu soal kamu. Semua harus seimbang.

Insecure menjalani hubungan dengan pasangan yang sekarang.

Mungkin kata-kata dari pasanganmu terdahulu membuatmu insecure dan melukai hatimu. Ingat! Doi berbeda dengan pasangamu terdahulu. Jadi jangan sampai trauma masa lalu pada pasangan terdahulu membuat kamu pesimis menjalani sebuah hubungan yang baru.

Terlalu bergantung terhadap pasangan.

Sikap ini berdampak negative. Sebaiknya kamu memahami dirimu sendiri ketika mengalami trauma masa lalu pada pasanganmu terdahulu. Sehingga kamu bisa mengendalikan dirimu sendiri.

Banyak drama yang kamu buat dengan pasanganmu.

Terlalu banyak berdrama sangat berbahaya dalam menjalani suatu hubungan. Jadi, just be yourself dan kamu tidak perlu membesar-besarkan masalah. Jika kamu memiliki masalah bersama pasanganmu yang sekarang, cukup menyelesaikannya dengan kepala dingin yah!

Dampak dari trauma masa lalu pada pasangan dapat membuat hubunganmu menjadi toxic relationship. Maka dari itu kamu harus bisa mengatasi trauma masa lalu pada pasangan.

Selanjutnya, bagaimana cara kamu mengatasi trauma masa lalu pada pasangan tanpa menyakiti diri sendiri? Berikut cara-cara yang dapat kamu lakukan.

1. Dalam menghadapi trauma pasangan, komunikasi adalah kunci utama.

Lakukan komunikasi seterbuka mungkin dengan pasangan, dan tidak peduli kalau harus ada tangisan, kekesalan, dan kemarahan.

2. Menghadapi trauma pasangan tidak akan sukses tanpa kejujuran.

Meski sulit, kejujuran dapat menghindarkanmu dari kesulitan, kesalahpahaman, serta konflik tidak berguna di masa depan. Jadi, jujurlah ketika kamu memiliki sebuah ketakutan!

3. Jangan mengabaikan kebutuhanmu dan kebahagiaanmu.

Kebutuhanmu dan kebahagiaanmu adalah prioritas utamamu. Selalu perhatikan kesehatan kamu, baik secara fisik maupun mental. Pasangan tetaplah bagian dari kebahagiaanmu, tapi doi bukan satu-satunya sumber kebahagiaanmu.

4. Berkonsultasi dengan terapis terpercaya.

Kalau sepertinya kamu dan pasangan tidak bisa mengatasi masalah ini sendirian, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan terapis atau relationship coach terpercaya di ruang pulih. Sehingga kamu dan pasanganmu yang sekarang dapat saling memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Untuk mengatasi diri dari trauma masa lalu pada pasangan, ruang pulih dapat membantu kamu dalam memulihkan diri melalui terapi dan kelas yang dilakukan online maupun offline. Keberanian untuk pulih dan menghadapi dunia dengan penuh kebijaksanaan. Mari pulih, latih dan berkembang setiap hari bersama ruangpulih.com